Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama – Bisa Tathering! | 100% Work!

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama – Bisa Tathering! – Selamat datang di CatatanKomputer.Com, situs yang membahas tentang teknologi, gadget, dan lain-lain. Di postingan kali ini mari kita bahas tentang cara mengubah kuota belajar menjadi kuota  utama. Kenapa admin membahas tentang ini? Mimin membahas tentang hal ini karena tingkat pancarian di Google sedang meningkat. Apa buktinya? Mari lihat grafik dibawah.

Tinkat Pencarian Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama

Gambar diatas menunjukkan bahwa pencarian dengan keyword ini sedang banyak-banyaknya dicari oleh banyak orang dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Kuota Belajar Kemdikbud

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama

Sebelum masuk ke tutorial, mari kita bahas dulu tentang apa itu kuota belajar. Kuota belajar adalah kuota internet yang bisa dipakai untuk keperluan belajar secara daring/online.

Kuota ini diberikan oleh pemerintah (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) sehingga dinamakan kuota belajar kemdikbud. Tidak main-main, jumlah kuota yang diberikan memiliki nominal yang cukup besar, tergantung dari tingkatan yang ada. Kuota ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu untuk jenjang PAUD, SD dan SMP, SMA, dan tingkat perguruan tinggi.

Untuk jenjang PAUD, pemerintah memberikan kuota sebesar 20 GB dengan rincian, 5 GB kuota utama, dan 15 GB kuota belajar. Jendang SD dan SMP diberikan jatah kuota sebesar 35 GB dengan rincian 5 GB kuota utama dan 30 GB kuota belajar. Untuk jenjang SMA atau SMK diberikan jatah kuota sebesar 42 GB dengan rincian 5 GB kuota utama dan 37 GB kuota belajar. Sedangkan untuk jenjang perguruan tinggi diberikan jatah yang paling besar, yaitu 50 GB yang terbagi menjadi kuota utama sebesar 5 GB dan 45 kuota belajar.

Maksud dari kuota utama adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, sedangkan maksud dari kuoat belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran. Untuk kuota belajar sendiri, banyak aplikasi dan situs yang bisa diakses, diantaranya 173 website yang mendukung pembelajaran online seperti Google Classroom, 7 situs/aplikasi video conference, dan 2946 website kampus.

Paket internet bantuan dari pemerintah ini diberikan setiap bulan dalam jangka waktu 4 bulan. Jadi jika dijumlahkan, selama 4 bulan kita mendapatkan 20 GB kuota utama.

Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Dari rincian diatas, kuota utama hanya diberikan sebesar  5 GB saja. Dan kebanyakan sekolah-sekolah di Indonesia belum menerapkan e-learning yang efektif. Hal itu menyebabkan kuota belajar yang jumlahnya sangat banyak tersebut menjadi tidak terpakai.  Sungguh disayangkan sekali bukan? Orang Indonesia tidak kehilangan akal untuk bisa menggunakan sisa kuota tersebut agar bisa dimanfaatkan.

Di postingan kali ini mari kita bahas cara untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota utama untuk 2 provider yaitu Tri dan Indosat.

Mengubah Kuota Belajar Tri

Tampilan Awal Anonytun

Untuk mengubah kuota belajar tri, caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi VPN yaitu Anonytun. Agar kuota bisa berjalan, kita harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu yaitu dengan cara memasukkan config di menu Stealth Setting di bagian kanan atas aplikasi.

Menu Stealth Setting Anonytun

Akan muncul tampilan seperti diatas, kita aktifkan stealth tunnel menjadi on, Connection protocol set menjadi HTTP dan connection port menjadi 80. Setelah itu aktifkan juga custom TCP/HTTP headers lalu edid Custom TCP/HTTP Headers.

Config Anonytun

Disini kita tinggal isi saja form-form yang ada dengan mengisi classroom.google.com di bagian url/host. Request method set menjadi GET, Injection method  set menjadi normal. Dan untuk bagian-bagian yang bisa diceklis, kita ceklis saja bagian Reverse Proxy, Keep Alive dan User-Agent. Setelah itu save dan silahkan kembali ke halaman awal.

Jika sudah mengedit konfigurasi tadi, kita bisa mengaktifkan VPN dengan cara menekan tombol connect. Tunggu sampai tulisan dalam tombol connect  berubah menjadi disconnect. Artinya kalian sudah bisa menggunakan kuota belajar di aplikasi-aplikasi diluar aplikasi belajar yang sebelumnya sudah disebutkan. Itulah cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama di provider Tri.

Mengubah Kuota Belajar Indosat

Mengubah Kuota Belajar menjadi kuota utama di kartu Indosat, tidak berbeda jauh seperti tutorial sebelumnya, bahkan untuk kartu sim indosat ini memiliki cara yang lebih mudah, tidak perlu setting-setting config dan sebagainya. Caranya seperti apa? Simak cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama untuk kartu sim Indosat.

Untuk bisa menggunakan kuota belajar di aplikasi lain diluar aplikasi belajar, kita hanya perlu menginstall aplikasi VPN yang bernama Psiphon Pro. Tampilannya seperti dibawah. Kalian hanya perlu menekan tombol start di pojok kiri bawah.

Mengubah Kuota Belajar Indosat

Cara agar bisa hotspot/tathering

Setelah mengubah kuota belajar menjadi kuota utama, kalian pasti menyayangkan ketika kuota anda masih banyak sedangkan waktu penggunaan sudah habis. Kuota sebanyak itu memang sedikit susah untuk dihabiskan kalau hanya digunakan oleh satu perangkat. Salah satu cara untuk menghabiskan kuota tersebut dengan cepat adalah dengan tathering hotspot portable. Namun jika kita menggunakan cara diatas dan ingin menbagikan lewat tathering, perangkat kalian harus di root terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana agar bisa tathering ke laptop tanpa root?

Caranya dengan menggunakan Aplikasi PDANet+. Aplikasi ini harus kalian pasang di 2 perangkat yang kalian gunakan. Misalnya kalian ingin tathering ke laptop. Silahkan install dulu Software PDANet+ di laptop kalian. Silahkan download disini.

Setelah aplikasi terinstall di dua perangkat, kalian buka aplikasi PDANet+ di HP kalian dan pilih USB tathering sampai ada tanda ceklis. Sebelumnya jangan lupa untuk menghubungkan kabel dari HP ke Laptop yaa. Setelah itu tinggal connect melalui icon PDANet+ yang ada di pojok kanan bawah, klik dan connect USB.

Itulah cara untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota utama dan bisa tathering. Gunakan kuota tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: