VPS adalah: Pilihan Server Stabil Untuk Situs Web

VPS adalah: Pilihan Server Stabil Untuk Situs Web

VPS menjadi pilihan server untuk website yang lebih stabil dengan kapasitas yang cukup besar – Saat ini perkembangan teknologi informasi khususnya internet semakin kompleks dimana banyak sekali kegiatan didalamnya mulai dari penyebaran informasi hingga berbisnis. Banyak sekali orang yang berprofesi sebagai teknisi hingga developer, lihat saja perkembangan website yang semakin pesat di internet. Untuk membuat sebuah website tentunya membutuhkan sebuah server untuk menyimpan datanya. Ada beberapa jenis server atau hosting saat ini mulai dari cloud hosting biasa hingga VPS.

A.Apa itu VPS?

Sebelum mengetahui apa itu VPS, mari kita bahas dulu apa itu Server. Yang dimaksud dengan server adalah perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) permintaan klien. Server dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sehingga data yang disimpan dapat diakses secara bersama-sama.
Kecepatan akses suatu website juga dipengaruhi oleh server, semakin dekat server dalam mengakses data, begitu pula sebaliknya kapasitas server juga mempengaruhi kecepatan akses data, misalnya kapasitas RAM, kapasitas bandwidth, kapasitas harddisk, dll. Saat ini banyak web server yang berlomba-lomba untuk meningkatkan pelayanannya dengan sebaik mungkin namun dengan harga yang terjangkau.
Apa pengaruhnya jika klien mengakses web melebihi kapasitas bandwidth server? Website akan down sehingga tidak bisa diakses, maka jalan satu-satunya adalah dengan menambah bandwidth. Arti Bandwidth adalah penggunaan transfer data dalam hitungan bit per detik, fungsinya untuk menghitung transfer data.
Apa itu VPS? Pengertian PVS adalah singkatan dari Virtual Private Server, sejenis layanan server situs web yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi perangkat keras menjadi beberapa server virtual dan disimpan di server fisik yang sama. Jadi artinya server fisik di dalamnya terbagi menjadi beberapa server tetapi dalam bentuk virtual dan memiliki sistem operasi sendiri.
Dengan begitu VPS dapat meningkatkan fleksibilitas yang ada terutama dalam memilih konfigurasi software yang digunakan di server. Selain itu, pemrosesan data semakin cepat, kapasitas RAM dan ruang hard disk lebih baik dari server biasa.
VPS juga memiliki layanan untuk menyimpan file dalam ukuran yang cukup besar, dimana file tersebut dapat diakses oleh pengunjung website. Berbeda dengan layanan hosting server, ruang disk cukup terbatas. Selain itu, PVS juga memungkinkan akses jarak jauh dan penggunaan komputer server, sehingga admin memiliki kendali penuh atas server di mana pun berada.

See also  Pengertian SSD adalah : Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan atau Kelebihan VPS

  1. Akses Website Lebih Cepat dan Mudah

Karena merupakan virtual server dan spesifikasinya lebih baik dari hosting biasa, saat client mengakses website terasa lebih cepat dan ringan. Demikian juga admin pandai mengakses, mengunggah gambar, dan mengunggah video lebih cepat.

  1. Bisa digunakan oleh banyak website

Saat kita membuat website dengan VPS, kita juga bisa membuat website baru di VPS yang sama karena spacenya yang besar, jadi kita hanya perlu membeli domain. 

  1. Server Stabil

Karena space yang besar, baik dari harddisk, Ram, hingga bandwidth, dapat diakses oleh banyak client sehingga website lebih stabil dan terhindar dari down.

  1. Kendali Penuh atas server

Memungkinkan admin untuk memiliki kendali penuh atas server dan semua pengaturannya di mana pun mereka berada. VPS adalah: Pilihan Server Stabil Untuk Situs Web

Kelemahan atau Kelemahan VPS

  1. Harga Relatif Mahal

Karena fasilitas dan kelebihannya lebih baik dari hosting biasa, maka harganya relatif lebih mahal sehingga membutuhkan biaya yang cukup mahal namun hal ini sebanding dengan kualitasnya.

  1. Tidak Cocok Untuk Pemula

VPS tidak cocok untuk pemula, karena admin dituntut untuk memiliki pemahaman tentang manajemen server terutama dari sistem operasi yang mereka gunakan. Karena jika terjadi error atau gangguan maka admin harus bisa menanganinya sendiri. Walaupun saat ini sudah banyak layanan yang menawarkan layanan untuk VPS, namun hal ini harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.
Jadi VPS adalah jenis server fisik yang dibagi menjadi server virtual yang memiliki sistem operasi masing-masing. Karena lebih baik dari hosting biasa, VPS lebih cepat dalam mengakses website atau data sehingga memiliki space yang cukup besar, namun kekurangannya adalah biaya yang dikeluarkan agak mahal dan tidak direkomendasikan untuk pemula.

See also  Pengertian OneDrive Adalah : Kelebihan, Kekurangan, Fungsi dan Manfaatnya

Akhir Kata

Itulah Artikel “VPS adalah: Pilihan Server Stabil Untuk Situs Web“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.

Check Also

Memahami Linux dan Contohnya: Kelebihan dan Kekurangan

Memahami Linux dan Contohnya: Kelebihan dan Kekurangan

Berikut ini adalah pengertian atau pengertian linux dan contoh linux dengan kelebihan dan kekurangannya sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published.