Memahami 7 Lapisan Osi Layer dan TCP/IP Serta Fungsinya

Memahami 7 Lapisan Osi Layer dan TCP/IP Serta Fungsinya

Memahami Lapisan Osi dan TCP/IP Serta Fungsinya | Model OSI dibagi menjadi 7 lapisan, dan sub-lapisan memiliki sejumlah sub-lapisan (dibagi oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE)). Lapisan OSI adalah desain arsitektur jaringan yang dikembangkan pada tahun 1977 dari badan ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi) di Eropa.
Lapisan OSI dianggap ideal oleh para ahli IT, hal ini karena lapisan OSI dianggap sebagai model koneksi logis yang ideal yang harus dijaga dalam jaringan komunikasi yang baik. Ke-7 lapisan lapisan osi ini membentuk jaringan di mana kita harus menggunakan lapisan osi. Dari setiap lapisan lapisan OSI tersebut, masing-masing memiliki tugas atau tanggung jawab masing-masing.

Pengertian OSI Layer dan Fungsinya

OSI merupakan standar komunikasi yang ditempatkan pada sebuah jaringan komputer. Dari standar tersebut, hal itulah yang menyebabkan semua alat komunikasi saling berkomunikasi melalui jaringan. Model Referensi OSI secara keseluruhan dapat dibagi menjadi 7 lapisan, yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa setiap lapisan memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing.
Model OSI (Open System Interconnection) dibuat oleh International Organization for Standardization (ISO) di mana mereka menyediakan kerangka kerja terarah atau terstruktur tentang bagaimana proses komunikasi terjadi sehingga komputer dapat berkomunikasi di jaringan yang berbeda secara efisien.
Model OSI juga dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu lapisan atas dan lapisan bawah. Lapisan atas hanya berfokus pada aplikasi pengguna dan bagaimana file direpresentasikan di komputer. dan di lapisan bawah fokusnya hanya pada insinyur jaringan. atau dapat diartikan bahwa lapisan bawah merupakan inti dari komunikasi data melalui jaringan yang sebenarnya. Semua proses pembuatan layer osi memiliki tujuan!
Tujuannya adalah untuk membantu perancang jaringan memahami fungsi setiap lapisan yang terkait dengan aliran komunikasi data. Ini termasuk jenis jenis jaringan dan metode transmisi. Untuk itu, mari kita cari tahu lebih dalam tentang macam-macam jenis layer OSI. Berikut penjelasannya :

See also  Memahami Era Digital dan Dampaknya Bagi Kita

Jenis-jenis 7 layer OSI :

osi layer dan tcp ip beserta fungsinya

1. Physical Layer Layer ini

berfungsi sebagai media transmisi jaringan, metode signaling, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti Ethernet atau token ring ) topologi jaringan dan juga perkabelan. pada layer ini juga dijelaskan bahwa NIC (Network Interface Card) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. Selanjutnya lapisan fisik ini merupakan lapisan terakhir pada lapisan OSI.

2. Lapisan Data Link (Physical Data Layer) Lapisan

data link ini berfungsi untuk mengelompokkan bit data ke dalam format yang bisa kita sebut Frames. Lapisan data fisik ini dibagi oleh IEEE 802 menjadi 2 level, yaitu: LLC (Logical Link Control) dan MAC (Media Access Control). Kemudian, pada lapisan ini juga terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras atau yang sering kita sebut MAC Address. dan perangkat lain di jaringan (perangkat keras jaringan) seperti Hub, jembatan, dan repeater.

3. Lapisan Jaringan (Network Layer) Lapisan

jaringan ini merupakan lapisan 3 yang berfungsi sebagai pendefinisian alamat IP, routing melalui jaringan internet menggunakan router dan switch lapisan 3, membuat header untuk paket-paket. Selain itu jaringan ini juga dapat menentukan rute jaringan yang akan diambil, menjaga antrian trafik pada jaringan, dan tentunya menentukan alamat suatu jaringan.

4. Transport Layer

Lapisan ini bertanggung jawab untuk membagi data menjadi segmen-segmen dan memberikan penanganan kesalahan. Selanjutnya lapisan ini berfungsi untuk memecah data menjadi paket-paket data dan memberikan nomor urut pada paket-paket tersebut agar dapat disusun kembali di sisi tujuan setelah diterima.Memahami 7 Lapisan Osi Layer dan TCP/IP Serta Fungsinya

5. Session Layer

Lapisan ini bertanggung jawab untuk menangani masalah pemeliharaan 2 terminal, pengelolaan koneksi dan pemeliharaan atau pemeliharaan. Selain itu, fungsi dari session layer ini juga untuk mendefinisikan koneksi yang dapat dibuat, dipelihara atau dimusnahkan, pada layer ini juga dilakukan resolusi nama.

See also  Pentingnya Keamanan Siber dalam Bisnis Startup di Indonesia

6. Presentation Layer Lapisan presentasi ini

bekerja pada bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data. Kemudian layer ini berfungsi untuk menerjemahkan data yang akan dikirimkan oleh aplikasi ke dalam format melalui jaringan. kemudian protokol yang ada pada layer ini adalah software director (software redictor). layer ini bermacam-macam, seperti workstation (pada Windows NT) dan juga Network Shell (seperti virtual network computing)/VNC dan Remote Desktop Protocol (RDP)
ini bertanggung jawab untuk bertukar informasi antara program komputer, seperti program email dan layanan lainnya. yang berjalan seperti layanan printer atau aplikasi komputer. Lapisan aplikasi ini juga berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi fungsionalitas jaringan, kemudian mengelola aplikasi untuk mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan kesalahan jika terjadi kesalahan.
Protokol ini mencakup HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.
Sekian informasi mengenai pengertian 7 layer layer OSI. semoga bermanfaat untuk anda semua dan menambah wawasan tentang OSI layer atau TCP/IP 

Check Also

Memahami Linux dan Contohnya: Kelebihan dan Kekurangan

Memahami Linux dan Contohnya: Kelebihan dan Kekurangan

Berikut ini adalah pengertian atau pengertian linux dan contoh linux dengan kelebihan dan kekurangannya sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published.