Pengertian Jenis Jenis RAM dan ROM Secara Lengkap Serta Fungsinya

Pengertian Jenis Jenis RAM dan ROM | RAM merupakan memory utama. Ram memiliki beberapa jenis yang terpasang pada komputer. Ram sering kali di sebut sebagai memori. dan dikategorikan menjadi memory premiere atau memory internal. Ram mempunyai fungsi pada komputer. Yaitu sebagai mempercepat pemroses pada komputer. Hal ini membuat kerja komputer anda semakin cepat jika ram yang anda gunakan semakin besar.

RAM memiliki beberapa bagian, diantaranya sebagai berikut:

  1. Contact Point
  2. PCB (Printed Circuit Board)

Contact point merupakan bagian dari RAM. contact point berfungsi sebagai konektor ke motherboard, yang terdiri dari beberapa titik. dan contact point juga di batasi oleh NOTCH, yaitu satu atau dua buah lekukan.

PCB (Printed Circuit Board) adalah papan yang tersusun atas beberapa layer. dan pada setiap layer terpasang circuit atau jalur yang berfungsi untuk mengalirkan data atau tempat penyaluran listrik.

Lalu Apa Fungsi dari RAM? simak terus artikel nya di bawah ini :

Fungsi RAM pada Komputer

RAM berfungsi sebagai sebagai media penyimpanan pada saat komputer anda sedang berada dalam posisi hidup, dan jika komputer yang anda gunakan mati maka otomatis data yang di simpan oleh ram akan hilang lalu terhapus. Seperti contoh berikut, Anda sedang bermain game zombi, kemudian anda sudah mencapai level 5 dan tiba tiba laptop anda mati. pada saat laptop tersebut mati, anda lupa mensave game tersebut. maka otomatis anda harus mengulang lagi dari nol.

Intinya fungsi RAM komputer itu sebagai tempat penyimpanan sementara.

Selanjutnya kita akan membahas ke Jenis Jenis RAM terlebih dahulu, baru ke Jenis Jenis ROM. Berikut penjelasannya di bawah ini:

Jenis Jenis RAM dan ROM pada Komputer

Pengertian RAM dan Jenis Jenis RAM

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Dynamic Random Access memory atau yang biasa di sebut DRAM. merupakan memory semi konduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data anda yang ada didalamnya. Pada strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transtitor dan kapasitor per bit nya, maka memiliki kepadatan yang tinggi. Kemudian DRAM juga mempunyai frekuensi kerja yang berbeda beda yaitu 4,77Mhz sampai 40Mhz.

Perlu anda ketahui juga bahwa RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari EDO-RAM. Tetapi lebih rendah dibandingkan SRAM.

2. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

Sychronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) adalah jenis RAM yang kelanjutan dari DRAM. Tetapi telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari DRAM. dan sangat cocok untuk pada sistem bus yang mampu dengan kecepatan 100MHZ.

3. RDRAM ( Rambus Dynamic Random Access Memory )

RDRAM ( Rambus Dynamic Random Access Memory )

RDRAM ( Rambus Dynamic Random Access Memory )

Rambus Dynamic Random Access Memory atau yang disingkat RDRAM. Bentuk dari RD RAM sendiri ialah Rate Inline Memory Modul (RIMM). yang memiliki kecepatan 800MHz. RDRAM ini juga memiliki kecepatan yang sangat tinggi, dan RDRAM ini juga pernah digunakan pertama kali dengan procesor pentium 4. Lalu pada slot memory untuk RD RAM adalh 184 pin.

4. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

FPM DRAM merupakan bentuk asli dari RAM jenis DRAM. Tetapi hanya terdapat perbedaan pada kecepatan transfer nya. Laju transfer maksimum untuk cache L2 yaitu mendekati 176MB per detik.

5. EDO DRAM (Extended Data Out DRAM)

EDO DRAM (Extended Data Out DRAM)

EDO DRAM (Extended Data Out DRAM)

Ram jenis ini ialah ram yang memiliki memory sekitar 5% lebih cepat di bandingkan jenis ram FPM. Hal ini bisa anda lihat pada laju transfer maksimum untuk cache L2 yg mendekati 264MB persekon.

6. Flash RAM

Flash RAM

Flash RAM

Flash RAM merupakan jenis memory yang berkapasitas yang di gunakan pada perangkat elektronika, seperti VCR, TV, Radio Mobil, dan lain lain. Flash RAM ini juga memerlukkan refresh dengan daya yang sangat kecil.

7. SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)

SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)

SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)

Ram jenis SO-DIMM merupakan jenis memory ddr yang di gunakan pada perangkat notebook. Pada saat DDR3 SDRAM di luncurkan di pasaran, DDR3 SO-DIMM ini juga ikut di luncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin. Pada bentuk fisik SO-DIMM ini kira kira hanya setengah dari besar DDR biasa, jadi dapat mengurangi ruang yang di pakai dan dapat menghemat uang anda dan hal ini tentunya sangat berharga pada perangkat mobile, seperti notebook.

8. DDR SDRAM (Double Data Rate Sychrounous Dynamic Random Access Memory)

SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)

SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)

Jenis ram DDR SDRAM ini slot memory nya untuk DDR SDRAM adalah 184pin, bentuknya adalah RIMM. Ram jenis ini juga hanya mengkonsumsi sedikit power listrik. Lalu RAM DDR SDRAM ini juga memiliki kecepatan yang sangat tinggi dengan mengandakan kecepatan dari SD RAM dan juga merupakan RAM yang beredar di saat ini.

Setelah kita menghentaui mengenai Jenis jenis RAM dan penjelasan nya serta fungsi dari RAM. barulah kita membahas mengenai pengertian RAM beserta fungsi nya.

Pengertian ROM dan Jenis Jenis nya

ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. ROM juga bisa sebagai perangkat atau peralatan proses yg terdapat di dalam CPU. ROM pada komputer digunakan sebagai penyimapan BIOS atau Basic Input Output System.  Bagi anda yang belum tahu apa itu BIOS. Bios adalah bagian yang sangat penting dalam suatu system operasi, yang berfungsi sebagai tempat disk drive di akses.

Jenis Jenis ROM

a. PROM (Programmable ROM)
PROM (Programmable ROM)

PROM (Programmable ROM)

Jenis ROM ini sifatnya non-voletile dan hanya bisa di tulis saja. lalu pada PROM sendiri proses penulisan di bentuk secara elektris.

b. EPROM ( Erasable Progmammeble ROM)
EPROM ( Erasable Progmammeble ROM)

EPROM ( Erasable Progmammeble ROM)

Jenis ROM ini menyediakan flexsibel selama fase pengembangan system digital. ROM jenis EPROM ini dapat dihapus dengan sinar UV. Karena EPROM mampu mempertahankan informasi tersimpan untuk waktu yang lama, maka hal ini dapat di gunakan mengganti ROM pada saat software digunakan.

c. EEPROM (Electrically Erasable ROM)
EEPROM (Electrically Erasable ROM)

EEPROM (Electrically Erasable ROM)

merupakan jenis rom yang dapat di program ulang dan di hapus. Operasi write akan memerlukkan waktu yang lebih lama dibandingkan operasi read. EEPROM di perlukkan pada tegangan yang berbeda untuk penghapusan, penulisan, dan pembacaan data yang tersimpan.

Sekarang anda sudah menghentaui penjelasan apa itu ram, fungsi ram dan jenis jenis ram. Sekarang anda sudah bisa memahami fungsi dari si RAM. Jadi, tanpa RAM maka komputer anda tidak dapat di gunakan, Tak hanya komputer, hp juga tidak bisa di gunakan jika tidak memiliki hardware RAM.

Nah itulah informasi mengenai Penjelasan RAM dan ROM beserta jenis jenisnya. dan dapat menambah wawasan anda mengenai RAM. sekian dan sampai jumpa di artikel lainnya..