6 Cara Cepat Memperbaiki BlackScreen Saat Booting di Windows

cara mengatasi blackscreen di windows | Pada kasus blackscreen atau layar hitam yang baru saja anda alami saat ini pasti membuat anda bingung dan tak tau harus bagaimana? dan pasti anda langsung berfikir untuk membawa nya ke service komputer. Padahal ada cara lain yang yang cepat dan mudah dalam mengatasi masalah ini.

Terjadi nya proses blacksreen ini sering di alami pada windows 7. Mengapa demikian?

Hal ini mungkin karena windows 7 anda hasil crack atau tidak asli. Beda dengan memiliki windows atau sistem operasi yang asli. Tetapi tidak menutup kemungkinan pada sistem operasi yang asli juga bisa terkena blackscreen pada pc atau laptop anda. Lebih jelas nya bisa lihat di bawah ini ,,

Penyebab Komputer anda BlackScreen

  • Barusan anda mengupdate software?
  • sebelum nya komputer anda  dalam keadaan hibernate?
  • Komputer anda terkena virus?
  • Anda baru saja menambahkan hardware pada komputer?
  • Mungkin ada device lain, yang saat di matikan dan anda hidupkan lagi lupa di cabut. seperti pada USB flashdisk.
  • anda belum menginstall driver ?

Banyak Bukan??

Perlu anda ketahui terlebih dahulu, ternyata beda loh antara Bluescreen dan Blackscren. dan permasalahan nya juga berbeda beda, lalu penanganan nya juga berbeda. maka dari itu ketahui terlebih dahulu komputer anda Blackscreen atau Bluescreen…

Blue screen itu Layar biru. artinya layar pc anda saat di jalankan berwarna biru tetapi (masih menampilkan kode kode komputer yang berarti ada masalah pada komputer anda). Sedangkan Blackscreen berarti layar komputer anda berwarna hitam. Pada posisi ini layar hanya full hitam dan tidak ada apa apa pada layar komputer anda.

Blackscreen ini juga sering terjadi saat anda melakukkan proses booting. maka hal ini akan sangat mengganggu anda. ditambah pada saat blackscreen layar tidak menampilkan apa apa, dengan ini pasti anda sangat kebingungan pada komputer anda.

NAHH… lalu bagaimana cara nya??

ada beberapa cara yang bisa kalian coba dalam melakukkan mengatasi blackscreen. mulai dari cara yang paling mendasar sampai ke proses boot safe mode untuk menghapus driver display. Jika sampai cara tersebut tidak bisa digunakan juga, maka tak ada pilihan lain untuk mengganti windows atau sistem operasi anda…. Tapi biasanya sampai proses boot safe mode sudah selesai sih…

Oke langsung saja simak beberapa cara dalam mengatasi blackscreen pada komputer anda!

Cara memperbaiki blackscreen di windows pada komputer anda

mengatasi blackscreen di windows pada komputer

mengatasi blackscreen di windows pada komputer

1. Periksa pada hardware anda, apakah sudah terhubung apa belum antara komputer dengan monitor anda?

Gini nih, belum anda cek asal bilang blackscreen aja. Hal ini yang sering terjadi pada orang teledor atau tidak teliti. maka dari itu cek dulu apakah sudah benar benar terpasang antara pc dengan monitor anda.

biasanya kabel yang anda pasang kendor saat di masukan, maka dari itu pasang sekuat kuat nya atau yang pas dalam memasang kabel. atau bisa dengan mengecek kabel VGA anda. masih bagus atau tidak? Kalau tidak, ya silahkan ganti…

2. Periksa Setiap Komponen Hardware anda Lagi!

perangkat input dan output

perangkat input dan output pada komputer

Jika cara pertama masih tidak bisa, silahkan cek lagi. sampai anda rasa semua komponen sudah terpasang dengan baik dan benar. cek sekitar motherboard anda, apakah sudah terpasang dengan benar semua atau belum ? Jika belum segera pasang dengan benar…

3. Coba lepas semua perangkat output anda. seperti keyboard, mouse dll.

Kalau kedua cara di atas sudah anda lakukkan dan masih sama seperti sebelumnya yaitu blackscreen. Mungkin cara ini bisa anda lakukkan. yaitu dengan melepas semua perangkat output anda. kemudian restart komputer anda, apakah masih mengalami blackscreen atau tidak. jika masih mengalami blackscreen juga. Coba anda pasang lagi satu persatu perangkat output anda, mulai dari keyboard dulu dan lanjut ke seterusnya..

Oh iya, jangan lupa untuk di restart komputer anda saat anda memasuki perangkat output anda satu persatu. dengan cara ini anda bisa tau mana penyebab komputer anda blackscreen.  Lakukkan cara ini sampai proses blackscreen selesai ya…

Jika masih terjadi blackscreen juga. Coba cek driver nya, apakah masih kompatible atau sudah ketinggalan jaman. jika iya, perbarui setiap driver anda.

4. Setting semua pengaturan windows ke pada pengaturan pabrik, yaitu dengan system restore.

Kalau ketiga cara di atas masih tidak bisa juga. coba lakukkan cara ini! Cara nya sangat simple, yaitu dengan mensetting pengaturan di windows ke kondisi sebelumya atau ke kembali pada pengaturan pabrik.

Cara setting pengaturan windows ke pengaturan pabrik.

  1. Pada menu system recovery option, pilih system restore
  2. Lalu pilih restore point yang tersedia

5. Atur pengaturan Proyeksi pada komputer anda

Mungkin anda sudah berlibet libet menggunakan cara sana sini dan masih tidak bisa juga. coba setting pada proyeksi pada komputer anda. apakah sudah tersetting dengan benar atau belum ? coba anda pilih satu persatu settingan pada setting ngan proyeksi yang sesuai. Biasanya hal yang rentan terjadinya Blackscreen pada komputer ini yaitu pada pengaturan proyeksi ini.

Cara mensetting pengaturannya yaitu dengan:

  1. Tekan tombol windows + p
  2. pilih default terlebih dahulu ( Jika masih terjadi blackscreen )
  3. pilih proyeksi yang kira kira sesuai dengan anda. ( coba satu persatu )

6. Memperbaiki dengan cara safe mode

Cara ini adalah cara terakhir dalam mengatasi blackscreen pada komputer anda. yaitu dengan cara safe mode. mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan safe mode merupakan mode yang hanya memuat beberapa driver dan file yg hanya di butuhkan dalam menjalankan windows. maka dari itu, coba lah dengan cara memasukin ke proses safe mode,, Setelah anda pada posisi safe mode, yang anda harus perbaiki adalah:

  • Scan virus
  • cek device manager (Apakah ada driver yg tak terinstall)
  • cek system configuration utility
  • uninstall software yang tidak dikenal
  • uninstall system update
  • copy file yg diduga corrupt, seperti file explorer.exe
  • clean dan fix hardisk.

nahhh.. jika semua cara sudah di lakukkan dan masih mengalami blackscreen. kami sarankan untuk membaca komputer anda ke toko komputer terdekat, yaitu dengan memperbaiki nya kepada teknisi komputer yang sudah ahli.

Jangan coba coba anda membongkar sendiri komputer atau laptop anda jika belum punya pengalaman, karena akibatnya fatal! bisa saja laptop atau komputer anda mengalami mati total jika salah dalam melakukkan perbaikkan!

Sekian artikel mengenai ” cara memperbaiki blackscreen pada komputer anda di windows ” . Jika artikel ini bermanfaat. silahkan share dan like artikel ini!!!

Baca juga artikel lainya: